Senin, 16 Juli 2012

Mwathirika dibaca Secerahati ..


Diposting oleh nita pada Jun 22, '12 11:11 AM untuk semuanya

Malam itu kami menikmati pertunjukan boneka kontemporer yang di selenggarakan oleh papermoon. Papermoon adalah kelompok kesenian teater yang berasal dari yogyakarta dimana pementasan nya
sendiri menggunakan seni teater boneka untuk membicarakan cerita, kisah, ataupun sejarah dalam konteks yang lebih mudah untuk dicerna.

Sekitar pukul 19:30 pertunjukan teater kesenian boneka itu dimulai. Nama acaranya Mwathirika, bertempat di aula Institut francais Indonesia dan diadakan dua hari, yaitu pada 15 dan 16 juni 2012.

Mwathirika memiliki tema yang dirasa cukup berat karena membuka kembali sejarah kelam bangsa indonesia, sejarah dimana banyak sekali warga sipil yang hanya karena dicurigai terlibat salah satu organisasi terlarang, maka tanpa sempat membela diri harus dipaksa hilang dan dikucilkan
masyarakat, simbol-simbol tertentu menjadi teror bagi sebagian rakyat kecil dan itupun menimpa keluarga kecil tupu dan moyo, dua karakter utama dalam pementasan Mwathirika.

Tema tersebut dikonsep dan dibentuk menjadi pementasan seni dengan hanya lima karakter sebagai penunjang cerita, menjadikan lima puluh lima menit sebagai ruang imajinatif dan transfer informasi yang sangat kreatif walau dipentaskan dengan bisu tanpa dialog dan ini sangat menarik.

Pementasan dimulai di sebuah panggung minimalis didukung dengan penggabungan visual yang apik, serta audio yang memberikan atmosfir lebih hidup pada karakter yang dimainkan, menjadi media yang begitu mudah dipahami mengenai penggambaran sejarah buram indonesia. Puppet
show yang digabung artwork pantomim dan audio visual memang pertunjukan boneka
kontemporer yang layak disimak.

seharusnya si fotografer memotret para boneka bukan memotret kami diam-diam seperti yang ini ;p

lalu setelah pertunjukan usai, kami sempat bercengkrama dengan para boneka, pemain serta sang director, kami juga tak lupa berfoto bersama. inilah keluarga baru saya:

senang sekali rasanya dapat menikmati pertunjukan apik ini bersama mereka :)


bandung. Mwathirika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar